Sunday, 4 August 2013

Resensi Novel The Hunger Games

THE HUNGER GAMES 

Judul                  : The Hunger Games 
Penulis              : Suzanne Collins 
Alih Bahasa      : Hetih Rusli 
Penerbit            : PT. Gramedia Pustaka Utama, anggota IKAPI, Jakarta, Oktober 2009 
Cetakan            : 8, Mei 2012 Tebal : IV + 406 Halaman 

Novel "The Hunger Games" karangan Suzanne Collins ini menceritakan tentang negara bernama Panem. Panem memiliki 12 distrik dan Capitol sebagai ibu kotanya. Panem memiliki tradisi yang diadakan setiap tahun, yang dikenal dengan The Hunger Games.Peserta The Hunger Games adalah 2 orang anak muda lelaki dan wanita dari setiap distrik dengan satu pemenang tiap tahunnya. Tujuannya : Membunuh atau dibunuh. Pemilihannya dilakukan satu kali satu tahun. 


Katniss Everdeen, gadis berusia 16 tahun dari distrik 12, merasa tidak bernyawa saat adiknya terpilih menjadi peserta Hunger Games. Dia harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan adiknya tercinta. Hanya ada satu cara, yaitu mengorbankan dirinya. Dia pun mengajukan diri sebagai peserta The Hunger Games ke - 74. 


Dengan tulisan yang cukup besar dan jumlah halaman yang tidak begitu tebal, buku ini menjadi sangat menarik. Ditambah dengan cover bewarna hitam yang memanggil - manggil para penggemar novel untuk membacanya. Petualangan yang imajinatif juga merupakan daya tarik novel ini. 


Novel ini memiliki banyak kelebihan. Diantaranya, Alur novel yang membuat kita dapat berimajinasi liar. Novel ini merupakan teman yang baik di waktu luang karena ceritanya yang menarik dan menegangkan. Selain kelebihan, novel ini juga memiliki kekurangan. Penyampaian atau tata bahasa yang "berat" menyulitkan pembaca dalam memahami ceritanya.

No comments:

Post a Comment